25 Juni 2024 | Dilihat: 71 Kali

1.147 Pantarlih Pilkada Dilantik, KPU Malteng Langsung Coklit Perdana di Kota Masohi

noeh21
    
Malteng | mapikornews.com — Usai sukses peluncuran pentahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 tingkat Provinsi dan Kabupaten, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tengah mulai melakukan tahapan berikutnya. 

Salasatu tahapan yang dilakukan oleh KPU Malteng saat ini, yakni melantik Petugas Pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) Pilkada Se-Kabupaten Malteng secara serentak dan nasional. 

Sebanyak 1.147 orang Pantarlih dilantik secara langsung oleh ketua KPU Malteng Abdurahim Lesnussa, untuk 191 Desa/Negeri/Kelurahan di Malteng, yang berlangsung di taman rawa kodok Kelurahan Ampera, senin (24/6/2024).

Setelah pelantikan, ketua KPU Malteng Abdurahim Lesnussa bersama Komisioner lainnya, melakukan pengawalan kepada petugas Pantarlih, guna melaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit) perdana secara simbolis di Kecamatan Kota Masohi.

Kadif Teknis KPU Malteng Abdul Asis Latuconsina mengatakan, dirinya berkesempatan bersama dengan Pantarlih dan juga PPK serta PPS, melakukan coklit perdana secara simbolis di kediaman Kadis Capil Malteng yang bertempat di Kelurahan Namaelo, Kecamatan Kota Masohi.

Latuconsina berharap, dikesempatan ini tugas Pantarlih dalam waktu sebulan dapat bekerja secara maksimal, dan berharap kepada masyarakat di Malteng untuk selalu terbuka kepada para petugasnya. 

"Kami berharap masyarakat Malteng dapat bekerja sama dengan petugas kami yang turun ke lapangan dan bisa memberikan informasi berupa Kartu Keluarga maupun KTP untuk bisa di Coklit oleh mereka,"  harap Kadif Teknis KPU Malteng yang biasa disapa A2L itu. 

Lanjutnya, dalam Coklit itu juga bisa pastikan bahwa satu keluarga bisa memilih pada TPS yang sama, karena dalam data tersebut dilakukan by E-Coklit berdasarkan dari NIK. 

Dirinya juga meminta kepada PPK dan PPS untuk selalu mengawal kerja-kerja Pantarlih khususnya untuk mengidentifikasi penyandang disabilitas yang ada di Malteng.

"Jadi kami berharap kepada teman-teman Pantarlih, untuk selalu kerja keras dan semangat, sehingga bisa menemui semua masyarakat yang ada di daerah ini, agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 November 2024 mendatang,"

"Kami juga berharap kepada Bawaslu Malteng dari semua jajaran dan tingkatan, untuk juga mengawal Pantarlih yang akan bekerja dalam waktu sebulan kedepan," tutupnya. (MoL)