11 Juni 2024 | Dilihat: 662 Kali

Anggota DPRD Tanjabtim Miris Atas Kinerja Kabid Pembinaan SD Enggan Laksanakan Tupoksi

noeh21
    
Tanjabtim-Jambi | mapikornews.com — Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Yudi Hariyanto, miris atas kinerja Kabid SD, Dony Windra, S.K.M yang dinyatakan enggan melakukan sebagaimana tupoksinya, yaitu melaksanakan monitoring ke sejumlah sekolah, yang merupakan dibawah naungan dan tanggung jawab melekat, bagi jabatan Kabid yang dimaksud.

Yudi Hariyanto, anggota komisi 1 yang membidangi Hukum & Pemerintahan itu, lebih serius menyampaikan, kalau betul seperti apa yang beredar dalam pemberitaan, kita benar benar prihatin atas kinerja saudara Kabid tersebut, tandas Yudi, ekspresi kecewa, Senin 10/06/24.

Ketidak sinkron an antara tugas dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan nyata di lapangan atau bawahan, akan berdampak terhadap kualitas dan mutu pendidikan, termasuk para satuan tenaga kependidikan, di masing masing sekolah, berpotensi akan terjadi stagnan, artinya, tidak terciptanya sinergitas kerja kepada pencapaian target yang tepat sasaran, ungkapnya menduga.

Berikut jabatan Kabid, yaitu memimpin dan  melaksanakan perumusan konsep kebijakan, sekaligus penyelenggara kelengkapan administrasi dan persyaratan teknis lainnya, menyikapi hal ini, kita meminta Kabid yang bersangkutan sebagai klarifikasi untuk fokus melakukan sebagaimana tupoksinya, sebut Yudi Hariyanto, bermaksud mengingatkan.

Kabid Pembinaan SD, Dony Windra sesaat di konfirmasi guna klarifikasi atau pun hak jawab, melalui bagian Kasi Kelembagaan Peserta Didik SD, menurutnya nomor Kabid yang dimaksud tidak tersambung, bahkan media ini mengkonfirmasi, meminta tanggapan dari Kadis melalui sambungan WhatsApp pribadinya, senada enggan berkomentar alias samasekali tidak mendapat tanggapan.

Berikut pemberitaan sebelumnya...
Kinerja Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Tanjabtim Dipertanyakan Sejumlah Kepala SD, keluhkan dan mempertanyakan kinerja Kepala Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Dony Windra, S.K.M.


Pasalnya, Kabid yang memiliki fungsi jabatan strategis terhadap kemajuan mutu pendidikan, sepertinya enggan, melakukan supervisi 
atau monitoring, turun langsung ke sekolah sekolah, yang merupakan naungan binaan Kabid yang dimaksud.

Sumber yang dihimpun media ini, dari beberapa  Kepsek SD, Kecamatan Muara Sabak Barat maupun Kecamatan Geragai, dalam lingkup pendidikan Tanjabtim mengatakan, dua tahun terakhir pihak Pembinaan SD, tidak ada melakukan monitoring terhadap sekolah yang mereka pimpin, dalam satu tahun ajaran, minimal dua kali setiap sekolah mendapatkan kunjungan
monitoring, yang biasanya pada tahun ajaran baru dan penaikan kelas, ungkap para Kepsek, yang  dikonfirmasi langsung ke sekolah, di dua Kecamatan yang berbeda, pada Kamis 06/06/24.

Para Kepsek yang enggan namanya di publikasikan tersebut, lebih lanjut mengatakan, kegiatan monitoring adalah merupakan tupoksi melekat pada bidang pembinaan SD, ya kalau seperti ini, sama halnya seperti anak ayam kehilangan induk, tanpa adanya evaluasi, baik pelaksanaan kebijakan atas kinerja sekolah, sambung Kepsek, bercampur heran.

Diketahui, Dony Indra dilantik dan diambil sumpah menjabat Kabid SD, tertanggal 7 Agustus 2022, dengan jabatan tersebut, Kabid yang membawahi dan memiliki tanggung jawab pembinaan, sebanyak 203 sekolah, kedepan diharapkan, agar keluhan para Kepsek, untuk  menjadi perhatian dan dapat ditindak lanjuti lebih serius, sekaligus menjadi evaluasi bagi pemangku jabatan yang lebih tinggi, dari pihak Dinas Pendidikan Tanjabtim. (Jdk)