28 Mei 2024 | Dilihat: 69 Kali

Disdikbud Malteng Kampanyekan Sekolah Sehat

noeh21
    
Disdikbud Malteng Kampanyekan Sekolah Sehat

Masohi - Maluku Tengah ||mapikornews.com

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Maluku Tengah, terus berupaya untuk  meningkatkan kualitas pendidikan dengan menjamin kesehatan siswa-siswi dan guru, seperti yang dilakukan saat ini yaitu kampanye sekolah sehat. Kegiatan yang bertempat di Baileo Ir. Seokarno Pandopo Bupati Malteng, dihadiri para kepala sekolah dan guru se-Maluku Tengah.senin,27/5/2024

Pj. Bupati Malteng, Rakib Sahubawa melalui sambutan yang dibacakan Asisten II Setda Malteng, Julius Boro mengungkapkan bahwa sekolah sehat merupakan bentuk kepedulian serta jaminan kesehatan pelajar dan para guru.

“Kehadiran kita semua di sini menunjukkan komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, aman, dan nyaman bagi generasi penerus bangsa,” ujar Boro.

Dikatakan Boro, gerakan sekolah sehat tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan pelajar. Dimana sehat bukan hanya berarti bebas dari penyakit, tetapi juga mencakup kesehatan mental, sosial, dan lingkungan.

“Lingkungan sekolah yang sehat akan mendukung proses belajar mengajar yang lebih optimal, sehingga anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” katanya.

Dijelaskan Julius, ada beberapa poin penting yang menjadi fokus dalam gerakan sekolah sehat, diantaranya kebersihan lingkungan sekolah, pola hidup sehat, pendidikan kesehatan, serta kesehatan mental.

“Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga sangat penting. Sekolah harus menjadi tempat yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak. Hindari segala bentuk perundungan (bullying) dan ciptakan suasana yang mendukung untuk belajar dan berkembang,” tegas Boro.

Selain itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malteng, Husain Mukaddar mengakui pihaknya membutuhkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, baik itu pemerintah, sekolah, orang tua, maupun masyarakat.

“Saya mengajak kita semua untuk berpartisipasi aktif dalam program ini. Mari kita jadikan gerakan sekolah sehat sebagai langkah awal menuju generasi yang lebih sehat, cerdas, dan berkarakter,” kata Mukaddar.

Mukaddar berharap kampanye sekolah sehat dapat menjadi bagian penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di Malteng. 

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat membawa manfaat besar bagi anak-anak kita, serta masa depan bangsa yang lebih baik,” harapnya. 

(MoL)