18 September 2023 | Dilihat: 456 Kali

Disnakertrans Mayoritas Pencari Kerja Tanjabtim Lebih Berminat Tenaga Honorer

noeh21
    
Tanjabtim-Jambi | mapikornews.com — Menyusul pertanyaan Fraksi Restorasi Nurani Rakyat (RNR) dalam agenda pandangan umum Fraksi Fraksi DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Paripurna DPRD yang berlangsung pada Jum'at, 15/09 lalu.

Mengutip peryataan Fraksi RNR, yang  mempertanyakan sejauh mana keterlibatan putra daerah yang bekerja di perusahaan besar/kecil yang ada di wilayah Tanjabtim, sekaligus permintaan data ril jumlah tenaga kerja  asing serta lokal di seluruh perusahaan yang ada di Tanjabtim, jelas Yudi Haryanto, dari bagian penyampaiannya, yang ditujukan terhadap Disnakertrans Tanjabtim, yang membidangi ketenaga kerjaan.

Berikut data yang dihimpun dari Disnakertrans Tanjabtim, yang menyebutkan, bahwa pencari kerja kita, mayoritas kepada tenaga kerja honorer pemerintahan, sementara untuk pekerja tenaga asing diberbagai perusahaan di Tanjabtim, dinyatakan nihil.

Kurun waktu satu semester terakhir, Januari hingga per bulan Agustus tahun 2023, jumlah pendaftar tenaga pekerja secara keseluruhan terdapat 592 orang, laki laki 321 dan perempuan 271. 

Sementara yang mendapat penempatan tenaga kerja, laki laki 184 orang dan 214 perempuan, untuk permintaan lapangan  kerja dari pihak swasta atau perusahaan hingga per Agustus, sama sekali kosong, tidak ada permintaan lowongan kerja.

Untuk pencari kerja yang terdaftar lebih berminat memilih tenaga kerja honorer di pemerintahan,
Ungkap Kadis Disnakertrans Tanjabtim, Riqo Yudha Wirja, melalui Kabid ketenaga kerjaan, Frans Fitria Budi, usai menghadiri rapat pembahasan DPRD  tentang rancangan anggaran perubahan tahun 2023, Senin, 18/09/23.

Selanjutnya, pekerja migran masyarakat Tanjabtim, yang menyebar di beberapa negara ada 10 orang, diantaranya : 

Novi Taya mayanturi (Pr) alamat Nipah Panjang - Negara Malaysia, Syarifah Zulaikah (Pr) alamat  Rantau Rasau -  Negara Jepang, Nanda (lk) alamat Geragai - Negara  Taiwan, Andri Ardiansyah (Lk) alamat  Muara Sabak Barat - Negara Uni Emirat Arab, Arif Arianto (Lk) alamat  Rantau Rasau - Negara Taiwan, Almurtado (Lk) alamat  Nipah Panjang - Negara USA, Alwi (Lk) alamat  Nipah Panjang - Negara  Malaysia, Inggit Susanto (Pr) alamat  Geragai - Negara Jepang, Selfa Harsai (Pr) alamat  Geragai - Negara Jepang dan Selamat (Lk) alamat Mendahara Ulu - Negara  Jepang, terang Kabid, dan untuk pekerja asing di Tanjabtim, dikatakan sama sekali tidak ada, kata Kabid mengulangi. (Jdk)