25 Juni 2024 | Dilihat: 167 Kali

Kades Sambirejo : Kami Tidak Bisa Dikonfirmasi Tentang DD Tanpa Izin Dinas PMD

noeh21
    
Langkat-Sumut | mapikornews.com — Kepala desa Sambirejo, kecamatan Binjai, kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, Jefri Wahyudi kepada awak media mengatakan bahwa dirinya sebagai kepala desa tidak bisa dikonfirmasi dan memberikan penjelasan tentang penggunaan Dana Desa (DD), Selasa (25/06/2024) di ruang kerjanya.

Jefri menjelaskan bahwa penggunaan Dana Desa itu urusan kami dengan pemerintah, untuk apa dipertanyakan tentang penggunaan Dana Desa tersebut. “Kami harus minta ijin dulu dari dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa). Saya harus minta ijin dulu dari Kadis PMD,” ujar Kades Sambirejo.

Anehnya lagi, kades Sambirejo mengatakan bahwa di papan informasi telah dijelaskan tentang penggunaan Dana Desa tahun sebelumnya (THN 2022 dan THN 2023). Dalam papan informasi itu telah dijelaskan penggunaan Dana Desa dalam satu tahun buku yang lalu. Dan hal itu merupakan  laporan pertanggungjawaban Kepala Desa (Kades) tentang penggunaan Dana Desa kepada masyarakat, terangnya.

Namun, ketika papan informasi dimaksud di teliti awak media, hanya tahun 2022 yang ada papan informasi tentang penggunaan DD di desa Sambirejo. Setelah awak media kembali akan mempertanyakan kepada Jefri Wahyudi, kepala Desa Sambirejo, dengan langkah cepat, secepat kilat langsung menghilang dari ruang kerjanya. Hal itu membuat tanda tanya besar, ada apa dengan penggunaan Dana Desa Sambirejo ?

Kembali awak media mempertanyakan tentang papan informasi penggunaan DD tahun 2023  kepada salah seorang staff di kantor desa Sambirejo. Staff tersebut mengatakan bahwa papan informasi penggunaan DD Sambirejo tahun 2023 belum di cetak, masih dalam proses. “Saat ini sudah akhir bulan Juni, koq belum di cetak dan dipasang bang, tanya awak media, lalu staf tersebut menjawab, kurang tau pak.

Kemudian awak media ini kembali melakukan konfirmasi kepada Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Langkat, Nuryansyah Putra di ruang kerjanya, Selasa (25/06) sekitar pukul 14.00 wib, dalam pertemuan itu Kadis PMD bertanya dari mana dan apa yang perlu, awak media mengatakan mau minta konfirmasi atau tanggapan bapak sebagai Kadis PMD tentang pernyataan Kades Sambirejo yang mengatakan bahwa dirinya tidak bisa dikonfirmasi atau memberikan tanggapan tentang penggunaan Dana Desa, dan harus minta ijin dulu dari Kadis PMD.

Mendengar pernyataan itu, Nuryansyah Putra mengatakan temui saja Kabid Pemdes, Ardy. Nanti akan diberikan link nya tentang penggunaan DD. Dalam pertemuan yang singkat itu, kelihatan Kadis PMD sedikit berkelit seakan ada hal yang di tutupi. Hal itu terbukti dari sikapnya yang mengatakan mau rapat di DPRD, sudah dari tadi di telepon.

Akhirnya awak media kembali menemui Ardy, Kabid Pemdes. Setelah masuk ruangan bidang Pemdes, awak media mempertanyakan Ardy kepada staff yang ada di ruangan tersebut. “Bapak tidak ada di tempat bang, lagi keluar” ujar staf yang kemudian menyebutkan no HP Ardy. Sampai berita ini di tayangkan, pihak dinas PMD kabupaten Langkat masih belum memberikan tanggapan tentang pernyataan Kades Sambirejo. (Basar Simatupang)