20 September 2023 | Dilihat: 216 Kali

Langkah PT Timah Tbk untuk Mengurangi Stunting dan Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

noeh21
    
Langkah PT Timah Tbk untuk Mengurangi Stunting dan Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Pangkal Pinang / mapikornews.com

Menginspirasi Generasi Muda: PT Timah Tbk Sosialisasikan Program Kesehatan Kemunting

PT Timah Tbk Memperkuat Kesehatan Masyarakat Bangka Belitung Melalui Mobil Sehat dan Kemunting


PANGKALPINANG - PT Timah Tbk, perusahaan tambang terkemuka di Indonesia, telah mengambil langkah konkret untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui dua program inovatif: Mobil Sehat dan Program Kemunting.

Mobil Sehat PT Timah Tbk adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan, terutama di Pulau Bangka, Belitung, dan Kundur. Program ini sejalan dengan konsep tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDG's), dengan fokus pada peningkatan akses dan mutu layanan kesehatan masyarakat.

Sejak diluncurkan, Mobil Sehat PT Timah Tbk telah memberikan layanan kesehatan kepada ribuan warga di wilayah operasional perusahaan. Program ini telah menjadi solusi nyata bagi masyarakat yang terbatas aksesnya ke fasilitas kesehatan. Salah satu warga, Suparmi, mengungkapkan kepuasannya dengan layanan Mobil Sehat PT Timah Tbk. Dia telah dua kali berobat di mobil sehat ini dan merasa bahwa pelayanan yang diberikan sangat baik dan efisien. Suparmi berharap program ini dapat terus berlanjut karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama yang sulit mengakses fasilitas kesehatan.

Sementara itu, PT Timah Tbk juga telah menghadirkan Program Kemunting (Kegiatan Penurunan Stunting). Stunting adalah masalah kesehatan serius yang memengaruhi pertumbuhan anak-anak dan perkembangan mental mereka. Program Kemunting bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang stunting serta memberikan paket makanan tambahan bagi anak-anak yang terkena stunting.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam Program Kemunting adalah penyelenggaraan sosialisasi kesehatan tentang stunting. Para pelajar di SMAN 1 Pemali, ibu hamil di Desa Cupat Kabupaten Bangka Barat, dan Desa Badau Kabupaten Belitung telah menerima edukasi ini. Para siswa di SMAN 1 Pemali mengungkapkan bahwa mereka telah mendapatkan wawasan baru tentang stunting, termasuk cara pencegahan dan penanganannya. Mereka menyadari pentingnya menjaga kesehatan sejak dini agar generasi mendatang dapat terhindar dari stunting.

Program Kemunting juga mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Upaya PT Timah Tbk untuk menurunkan angka stunting sejalan dengan upaya pemerintah yang serupa. Dengan memberikan edukasi dan bantuan makanan tambahan, PT Timah Tbk berkontribusi dalam memperbaiki kesehatan anak-anak yang terkena stunting.

Langkah PT Timah Tbk ini adalah contoh nyata bagaimana sebuah perusahaan bisa turut serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya. Dengan menghadirkan Mobil Sehat dan Program Kemunting, PT Timah Tbk telah berperan aktif dalam mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkannya. Inisiatif ini juga mencerminkan komitmen perusahaan terhadap prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Sebagai perusahaan yang berperan penting dalam perekonomian dan kehidupan masyarakat Bangka Belitung, PT Timah Tbk telah memberikan contoh baik tentang bagaimana bisnis dapat memiliki dampak positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Program Mobil Sehat dan Kemunting adalah langkah konkret yang memperlihatkan bahwa perusahaan dapat menjadi mitra yang baik dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Semoga langkah-langkah seperti ini menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk ikut serta dalam memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional mereka. (Sumber : PT Timah TBk, Editor : KBO Babel)