25 Mei 2023 | Dilihat: 138 Kali

Mewakili Pj Bupati Malteng, Assisten II Drs.Nova Anakotta,M.Si Buka Workshop Penyusunan Draft Nol

noeh21
    
Maluku Tengah | mapikornews.com — Assisten II Sekretaris Daerah Malteng Drs. Nova Anakotta, M.Si, mewakili Penjabat Bupati Maluku tengah DR.Muhamat Marasabessy membuka kegiatan Workshop Penyusunan Draft Nol Rencana Kontingensi Gempa Bumi dan Tsunami.

​​​​​Kegiatan yang dilaksanakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), selama tiga hari, pelaksanaannya dipusatkan di Lounusa Baech Amahai, Selasa, (23/5/23).

Hadir dalam kegiatan, Pejabat Direktorat Kesiapsiagaan BNPB RI, Meliwaty, dan Pais Damayanti, Fasilitator Nasional Christanto, Sigit, Purwanto, Perwakilan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Malteng, para Narasumber dan peserta Workshop.
 
“Kita berharap dengan adanya Workshop ini dapat membantu, memudahkan Pemerintah Daerah sebagai dasar acuan tindakan yang harus dilakukan apabila terjadi bencana alam, khususnya gempa bumi dan tsunami di wilayah Kabupaten Maluku Tengah. Selain itu diharapkan masyarakat dapat mengerti dan mampu melakukan penyelamatan atau evakuasi apabila terjadi bencana.

”Demikian disampaikan Pj Bupati Malteng dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Dua Sekda Malteng Drs. Nova Anakotta. Dikatakanya, Gempa Bumi dan Tsunami merupakan bencana alam yang tidak bisa dipisahkan, di Kabupaten Maluku Tengah sendiri, potensi bencana tertinggi yang sering terjadi adalah Gempa.

Olehnya itu, dengan kegiatan Penyusunan Draft Rencana Kontingensi Gempa Bumi Dan Tsunami ini, paling tidak ada dasar untuk langkah mengantisipasi dan meminimalisir jika nantinya terjadi bencana.

“Dengan demikian, penyusunan Rencana Kontigensi ini penting untuk segera kita rumuskan bersama untuk menghasilkan Rencana Kontigensi yang berbentuk dokumen yang akan didorong menjadi regulasi sebagai legalisasi dari dokumen dan komitmen untuk melaksanakan apa yang sudah direncanakan dan disusun dalam Rencana Kontigensi,” ujarnya. (AH)