12 Desember 2022 | Dilihat: 1194 Kali

BEBERAPA TIP MEMILIH JIKA INGIN MEMBELI KOMPUTER

noeh21
M. Azhar Razak, S.Kom.,M.AB. Pranata Komputer Ahli Pratama Mahkamah Syarîyah Blangpidie
    
Aceh Barat Daya | mapikornews.com — Kebutuhan komputer memang tak terelakan apalagi di era globalisasi sekarang in, keperluan akan komputer terus meningkat, baik untuk keperluan kantor, bisnis, rumah tangga,atau hiburan seperti untuk kepentingan permainan game, sementara komputer yang beredar dipasaran sangat bermacam ragam dan mereknya.

Selain itu komputer yang ditawarkan memiliki berbagai spesifikasi dan keunggulan sehingga hal ini sangat kesulitan dalam menentukan pilihan, agar komputer yang dibeli nanti sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan, terutama sesuai dengan budget anggaran yang kita miliki, jika kita memiliki budget yang besar mungkin tidak akan kesulitan tapi bagi yang memiliki budget secukupnya kita harus jeli memilih, karena jika kita membeli barang yang salah, tidak hanya berkualitas buruk tapi akan menghabiskan uang dengan sia-sia.

Berikut ini beberapa tip untuk memilih komputer:

Sebelum kita memilih komputer, kita harus pastikan dulu berapa budget atau dana yang tersedia yang diperuntukan untuk membeli komputer tersebut. 

Pastikan dan sesuaikan dengan kebutuhan, peruntukan komputer yang akan dibeli, setiap peruntukan berbeda spesifikasinya, bila untuk keperluan kantor pilihlah komputer spesifikasinya  menengah ke bawah, sedangkan bila untuk keperluan pekerjaan berat serta permainan game pilihlah komputer spesifikasinya menengah ke atas.

Pahami dan pilihlah spedifikasi yang sesuai terkait komponen komponen komputer yang akan kita beli seperti CPU, RAM, Storage dan GPU, khususnya CPU yang menjadi otak dan inti dari kinerja komputer.

Perhatikan software komputer yang digunakan pada PC baru, biasanya pihak penjual akan menawarkan perngkat lunak dan aplikasi yang diinginkan, jika kita menggunakan sistim operasi windows maka pastikan beberapa aplikasi bawaan windows yang akan diinstal dan pastikan aplikasi tersebut dapat berjalan pada sistim yang kita gunakan.

Perhatikan support device lainnya, khususnya monitor yang berkualitas baik sehingga dapat digunakan dalam waktu lama. 

Membeli komputer tidak perlu tergesa-gesa, sebaiknya mintalah informasi dengan teman-teman  yang lebih tahu tentang komputer.

Merk komputer. Pilihlah merk komputer yang menurut informasi teman-teman adalah merk yang baik, tahan lama dan perawatan mudah.

Model komputer. Pilihlah model atau tipe komputer yang terbaru, karena 1-2 tahun mendatang harganya sudah setengah harga pembelian.

Kesiapan komputer. Periksalah komputer apakah komputer yang ingin dibeli berfungsi dengan baik. Demikian juga perangkat komputernya seperti key board, mouse, printer, monitor dan internet.

Perhatikan komputer yang kita beli harus ada garansinya Garansi, hal ini cukup penting mengingat, banyak komputer yang dibeli dan digunakan tiba tiba rusak.

Demikian pentingnya pengetahuan kita jika ingin membeli komputer, baik untuk keperluan kantor, kebutuhan pribadi, maupun kebutuhan rumah tangga, semoga artikel ini bermanfaat bagi kitasemua, khususnya bagi yang ingin membeli komputer.

Artikel ini dibuat dari berbagai sumber yang dipadukan sebagai acuan untuk menambah pengetahuan demi kepentingan kita bersama.