30 Desember 2022 | Dilihat: 530 Kali

PENTINGNYA “JARINGAN” BAGI KOMPUTER

noeh21
M. Azhar Razak, S.Kom.,M.AB. Pranata Komputer Ahli Pratama Mahkamah Syarîyah Blangpidie
    
Aceh Barat Daya | mapikornews.com Pada artikel saya sebelumnya sudah saya gambarkan secara umum apa yang berkaitan dengan komputer, dengan berbagai judul artikel antara lain, 1, Komputer sebagai media pembelajaran, 2. Perkembangan komputer generasi ke generasi hingga sekarang, 3. Dampak positif dan negatif komputer, 4. Peranan komputer dalam administrasi perkantoran, 5. Pentingnya peranan komputer fiorensik, dan 6. Beberapa tip memilih jika ingin membeli komputer, untuk kali ini saya akan menjelaskan pentingnya Jaringan bagi komputer yang saya ambil dari beberapa nara sumber.

Kali ini saya ingin menjelaskan tentang hal yang sangat dekat dengan komputer dan sangat penting bagi komputer yaitu jaringan, jaringan adalah sesuatu yang sangat penting bagi komputer, menurut beberapa ahli bahwa “Jaringan komputer adalah himpunan interkoneksi antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless)”.

Tanpa jaringan komputer  secara umum tidak bisa terkoneksi dengan dunia, sementara ahli lain mengatakan bahwa “Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan dari beberapa komputer yang dihubungkan secara elektronik” jadi pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistim yang terdiri atas komputer komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi secara Bersama.

Manfaat jaringan komputer secara umum adalah, Jaringan komputer sebagai sharing resource (data, program, peripheral komputer), Jaringan komputer sebagai media komunikasi efektif dan multi media, Jaringan komputer memungkinkan managemen sumber daya lebih efisien, Jaringan komputer memungkinkan penyampaian lebih terpadu, Jaringan Komputer memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi lebih efisien, Jaringan komputer dapat menjaga keamamanan data lebih terjamin. (hak akses), Jaringan komputer menghemat biaya pengembangan dan pemeliharaan, Jaringan komputer membantu mempertahankan informasi agar tetap aman, handal, dan up to date.  

Tujuan jaringan komputer adalah, Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien, Jaringan membantu mempertahankan informasi tetap andal dan up to date, Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing), Jaringan memungkinkan kelompok berkomunikasi dengan lebih efisien, Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

Jenis jenis jaringan komputer :

1. Jenis jaringan pola pengoperasian atau jaringan client server, merupakan pengoperasian jaringan yang menggunakan prinsip pelayanan dan yang dilayani, seperti pelayanan jaringan telkomsel, Indosat, dan lain sebagainya.

2, Jaringan peer to peer, adalah kumpulan beberapa yang biasanya tidak berjumlah banyak yang terhubungkan  dalam satu jaringan untuk melakukan koneksi berbagai data (sharing) dan memakai sumber daya (resource) komputer lain seolah itu komputer sendiri,   

3. Jaringan berdasarkan jangkauan LAN (local area network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup[ wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, Gedung, kantor, sekolah, dalam rumah atau yang lebih kesil.

4. Jenis jaringan MAN (metropolitan area network) adalah jaringan gabungan dari LAN, hingga mencapai radius 50 km lebih, artinya jaringan bisa menjangkau satu kota.

5. Jaringan WAN (wide area network) jaringan ini merupakan jaringan dengan area besar mencakup satu kota dengan kota lainnya, satu wilayah dengan wilayah lainnya, bahkan antara satu negara dengan negara lainnya, sehingga jaringan ini membutuhkan router dan saluran komunikasi public.

6. Jaringan ini berdasarkan media transmisi, jaringan komputer ini adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media pengantar, pada sebuah network media transmisi memegang peranan yang sangat penting karena informasi atau data akan diangkut melalui media transmisi.

7. Jaringan wireless merupakan jenis jaringan komputer yang menggunakan media tranmisi data tanpa menggunakan kabel, seperti gelombang radio, inframerah, Bluetooth, dan microwave, wireless bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN maupun WAN, ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.

Demikian artikel ini dibuat untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang komputer dan sesuatu yang terhubung langsung serta sangat penting bagi komputer, sehingga ada istilah bahwa jika tidak ada Jaringan maka komputer bak Macan Ompong, semoga bermanfaat.
Artikel ini dibuat dari berbagai sumber yang dipadukan sebagai acuan untuk menambah pengetahuan demi kepentingan kita bersama.